Waterpass Beserta Fungsinya

Pengertian dan Fungsi Waterpass

Waterpass adalah alat yang digunakan sebagai alat ukur dalam menentukan posisi sebuah benda ataupun garis, apakah sudah sejajar atau belum pada bentuk vertikal maupun horizontal. Ada beberapa jenis waterpass yang tersedia di pasaran seperti waterpass manual, waterpass digital dan waterpass auto level. Sedangkan untuk bahan waterpass ada yang terbuat dari kayu dan aluminium, namun yang paling banyak digunakan oleh tukang yaitu waterpass berbahan aluminium, karena mudah digunakan dan lebih ringan.

Supaya Anda lebih paham, simak penjelasannya berikut ini!

Jenis-Jenis Waterpass

1. Waterpass Manual

Waterpass%20Manual

Waterpass manual adalah tipe yang paling sederhana. Cara menggunakannya hanya dengan meletakkan waterpass pada area yang ingin di ukur, kemudian lihat air gelembung apakah sudah sejajar atau belum pada dua garis baik vertikal atau horizontal. Adapun di pasaran waterpass terbagi lagi menjadi dua, yaitu waterpass manual non magnet dan waterpass manual magnet. Kelebihan waterpass manual magnet apabila digunakan pada media berlogam, maka waterpass tidak perlu di pegang.

2. Waterpass Digital

Waterpass%20Digital

Adalah waterpass yang biasa disebut dengan Leveling Laser karena saat digunakan harus menembakkan laser pada area yang ingin di ukur. Pada waterpass digital terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan sekaligus sehingga disebut alat 4 in 1 seperti :

  • Sinar laser ruler yang fungsional
    Penggaris ini memiliki laser horizontal dan vertikal untuk membantu Anda mendesain keakuratan bidang vertikal atau horizontal dengan tepat.
  • Way Bubble Level
    Dengan adanya 2 mode bubble level Anda juga dapat mendesain bidang miring dan lurus dengan tepat, pastikan bubble berada tepat di tengah.
  • 250cm Measuring Tape / Meteran panjang 250cm
    Selain penggaris, alat ini juga dilengkapi dengan meteran dengan panjang 250cm atau 2m yang dapat digunakan sebagai pengukuran optimal dan terdapat fungsi lock agar penggaris terkunci ketika mengukur.
  • Penggaris Aluminium
    Dilengkapi dengan penggaris aluminium yang kokoh dan kuat untuk mengukur bidang kerja.
  • Terdapat tombol On Off untuk mengaktifkan dan mematikan cahaya laser
  • Bekerja menggunakan baterai jam

3. Waterpass Auto Level

Waterpass%20Auto%20Level

Waterpass ini memiliki fungsi yang sama seperti kedua waterpass sebelumnya, hanya saja penggunaanya lebih khusus seperti mengukur jalan, jembatan, atau projek yang memerlukan survey pemetaan (elevasi) terutama pada proyek pembangunan maupun pengembangan jalan. Pada proses penggunaanya waterpass dilengkapi dengan rambu ukur, kaki tiga (static), payung, penggunaan K3, unting-unting, roll meter, pilok, paku, palu dan alat tulis.

Cara Merawat Waterpass

  • Bersihkan waterpass baik sebelum maupun sesudah digunakan, bersihkan bagian – bagian yang sekiranya kotor.
  • Simpan di tempat yang aman.
  • Tempat penyimpanan harus bebas dari getaran, sinar matahari langsung dan fluktuasi temperatur.

Demikian artikel ini, semoga Anda bisa lebih memahami perbedaan dari jenis-jenis waterpass tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Main Menu