Pusat Penjualan Besi dan Baja

Ragam Konstruksi Jembatan Dari Besi Baja

Thursday, March 8th 2018.
jembatan, histeel, hi steel, rangka jembatan, jembatan baja, besi baja, konstruksi jembatan baja

Sumber gambar : freepik.com

Jembatan merupakan alat bantu transportasi yang sudah banyak digunakan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jembatan ada beberapa macam mulai dari jembatan beton, baja, kayu bahkan jembatan tradisional yang masih banyak digunakan.

Berikut tujuh macam jembatan yang menggunakan konstruksi baja :

  1. Jembatan Balok ( The Beam Bridge)

Jembatan ini biasanya terletak diantara dua tumpuan dan lantai kendaraan langsung. Berada di atas gelagar memanjang. Biasanya digunakan untuk bentang kecil yaitu 15-36 m.

  1. Jembatan Baja Dinding Penuh (The Plate Girders Bridge)

Jembatan ini terdiri dari gelagar memanjang, gelagar melintang dan juga gelagar induk. Sedangkan lantai kendaraan umumnya terletak lebih rendah, jembatan baja jenis ini biasanya digunakan pada bentang 24 sampai 45 m.

  1. Jembatan Rangka Sederhana ( Simple Truss Bridge)

Jembatan rangka sederhana terdiri dari gelagar induk, gelagar melintang dan gelagar memanjang. Sedangkan untuk sisi kanan dan kiri jembatan berupa rangka baja. Jembatan rangka baja sederhana ini masuk dalam kategori jembatan menangah yaitu dengan bentang 45 m – 180 m.

  1. Jembatan Rangka Menerus ( Contious Bridge Trusses)

Jembatan ini terdiri dari rangka (truss) yang menerus dimana tumpuan berada pada tengah bentang rangka yang tidak terpisah. Jembatan ini biasa digunakan pada bentang 45 m – 180 m.

  1. Jembatan Kantilever (Cantilever Bridge)

Panjang sekali, itulah dalam benak ketika melihat jembatan ini. Ciri-ciri dari jembatan ini yaitu terdiri dari dua batang kantilever dengan satu bentang lain diantaranya, dimana bentang tersebut ditumpu pada ujung-ujung kantilever. Jembatan ini biasanya digunakan pada bentang 75 m – 540 m.

  1. Jembatan Lengkung ( Steel Arches Bridge)

Konstruksi jembatan ini terdiri dari batang penggantung, batang lengkung dan gelagar pengakut. Jembatan ini biasa digunakan pada bentang 30 m – 540 m.

  1. Jembatan Gantung (Suspension Bridge)

Hampir menyerupai jembatan kantilever tetapi jembatan baja tipe ini mempunyai bentang paling panjang daripada jembatan-jembatan baja yang lain. Biasanya jembatan dengan tipe ini memiliki bentang 120 – 3000 m. sedangkan konstruksi utama jembatan ini terdiri dari kabel yang terbentang diatas menara atau kabel penggantung.

 

Sumber : Tabloid Steel Indonesia Edisi XLIV Hal 06

 

Baca juga :

Tipe Jembatan Menurut Pemerintah 

– Pelat Lembaran Sebagai Bahan Baku Utama Steel Box Girder

Pengertian Konstruksi

Produk terbaru

Rp 46.464
Stok : Ready
Rp 46.464
Stok : 50 pcs
Rp 81.133
Stok : Ready
Rp 36.300
Stok : 1 pcs
Rp 10.164
Stok : Ready
New
Rp 143.840
Stok : Indent
Rp 59.800
Stok : Ready
Limited
Rp 27.000
Stok : READY

Temukan Kami di

Rekening Bank

PT. HIJRAH INSAN KARIMA
PT. HIJRAH INSAN KARIMA

IDEA

Harga Wilayah Jabotabek