Pusat Penjualan Besi dan Baja

Profil Baja Struktural Untuk Konstruksi

Wednesday, April 11th 2018.

Profil Baja Struktural Untuk Konstruksi

Besi Profil T

profil T

steelindonesia.com

 

Profil ini diambil dari profil WF yang webnya dibelah dua sama tinggi. Profil ini biasa dipakai untuk strut. Sebuah T-Beam, yang digunakan dalam konstruksi adalah sebuah struktur load-bearing logam yang berbentuk penampang T. Bagian atas T penampang berfungsi sebagai flange, melawan tegangan tekan. Sedangkan web dari balok di bawah flange berfungsi untuk melawan tegangan tarik dan untuk menyediakan pemisahan tekanan dari kekuatan tekuk.

Besi Profil Castellated

Castellated Beam adalah suatu spesifikasi profil yang ditingkatkan kekuatan komponen strukturnya dengan memperpanjang ke arah satu sama lain dan di las sepanjang pola. Castellated Beam ini mempunyai tinggi (h) hampir 50% lebih tinggi dari profil awal sehingga meningkatkan nilai lentur axial, momen enrsia (Ix), dan modulus section (Sx).

Secara umum profil Castellated dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Honey Comb, Honey Comb Addplate, dan Cell Form.

honey comb

Castellated Honey Comb (macsteel.co.za)

a. Honey Comb: Honey Comb adalah profil I yang dipotong sedemikian rupa, sehingga kekuatannya meningkat pada satu arah, profil ini banyak dgunakan sebagai gelagar jembatan dan lain-lain.

b. Honey Comb Addplate: Sama seperti Honey Comb, tetapi dengan tambahan plate untuk memperbesar webnya.

steelindonesia.com

Castellated Cell Form (steelindonesia.com)

c. Cell Form: Cell Form sering digunakan untuk balok-balok pada atap dengan bentang yang cukup panjang, atau digunakan untuk struktur-struktur yang lain.

Besi Profil King Cross dan Queen Cross

Profil ini diambil dari perpaduan dua buah profil WF yang dilas penuh pada kedua sisi webnya. Umumnya profil ini dipakai untuk kolom. Adapun kelebihan menggunakan kolom jenis king cross adalah profil ini memliki kuat aksial yang cukup tinggi. Maka dari itu profil ini paling baik digunakan untuk struktur kolom pada bangunan

Besi Siku

indotrading.com

indotrading.com

Dalam dunia konstruksi besi, tentu ada banyak sekali istilah-istilah yang digunakan untuk menyebutkan jenis-jenis besi ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan konstruksi besi. Salah satunya adalah besi siku. Istilah ini tentu sudah tidak asing lagi dalam konstruksi besi. Istilah besi siku sesuai dengan namanya, digunakan untuk menyebut besi yang memiliki bentuk siku-siku.

Besi siku sebenarnya adalah besi plat yang bentuknya siku atau memiliki sudut 90 derajat. Panjang besi siku ini biasanya adalah 6 meter. Besi siku digunakan untuk membuat rak besi, tower air, dan konstruksi besi lainnya. Besi siku juga memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang berbeda-beda seehingga konsumen bisa memilih besi sesuai dengan kebutuhan.

Besi siku saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko bangunan. Seperti disebutkan di atas, ukuran besi siku cukup bervariasi yaitu mulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Selain itu ada pula besi siku lubang, yaitu besi dengan bentuk siku namun di sepanjang badan besi tersebut terdapat lubang-lubang yang sama besar. Besi siku biasanya juga dikenal dengan equal angle bar. Sama seperti besi-besi lainnya, besi siku juga memiliki kemampuan yang terbatas untuk menahan beban sehingga besi siku kurang cocok untuk digunakan dalam konstruksi-konstruksi besi yang terlalu berat. Ukuran besi siku yang bermacam-macam juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen. Walaupun ukurannya bermacam-macam, namun memiliki panjang yang sama, yaitu 6 meter. Besi siku yang paling kecil adalah ukuran 20 mm x 20 mm dengan ketebalan 3 mm.

Besi UNP

Besi UNP

Besi UNP

Kanal U, U-Channel, Profil U. Material besi ini berbentuk profil U. Besi UNP merupakan bagian dari konstruksi baja, biasanya digunakan untuk struktur tangga, anak balok, konstruksi bak mobil, dan keperluan purlin yaitu sebagai balok penutup dudukan atap. Besi UNP juga bisa digunakan untuk bracing pada konstruksi baja berat, baik pada bangunan baja berat ataupun bangunan jembatan baja. Penggunaannya hampir sama dengan baja WF, kecuali untuk kolom jarang digunakan karena relatif lebih mudah mengalami tekuk. Ukuran besi UNP sebenarnya sangat banyak, mulai dari ukuran 50 mm, 65 mm, 75 mm, 80 mm, 100 mm, sampai 300 mm dengan panjang 6 meter. Jika anda membutuhkan besi UNP yang lebih panjang, biasanya tukan akan menyambung besi tersebut menggunakan las.

Besi CNP

Besi CNP

Besi CNP

Besi Kanal C yang popular dikalangan user dan pasar dengan sebutan besi CNP adalah material hasil pabrikasi dan bahan CRC (Cold Rolled Coil) yang dibentuk dengan dengan metode cutting dan bending sehingga menjadi seperti huruf C. Ukuran panjang standar besi CNP yaitu 6 meter dengan dimensi ukuran dan ketebalan yang berbeda. Akan tetapi ketebalan material CNP terbatas sampai 3.2 mm saja yang tersedia dipasaran. Kegunaan material CNP digunakan untuk bahan konstruksi bangunan sebagai tahanan atau rangka atap (purlin) selain sebagai bahan konstruksi bangunan.

Untuk Besi WF dan H Beam, sebelumnya sudah pernah kami bahas pada artikel Perbedaan Besi WF dan H Beam

Sumber: Tabloid Steel Indonesia Edisi XLV, Maret 2018, hal. 10-12

Produk terbaru

Rp 46.464
Stok : Ready
Rp 46.464
Stok : 50 pcs
Rp 81.133
Stok : Ready
Rp 36.300
Stok : 1 pcs
Rp 10.164
Stok : Ready
New
Rp 143.840
Stok : Indent
Rp 59.800
Stok : Ready
Limited
Rp 27.000
Stok : READY

Temukan Kami di

Rekening Bank

PT. HIJRAH INSAN KARIMA
PT. HIJRAH INSAN KARIMA

IDEA

Harga Wilayah Jabotabek