Pengertian Konstruksi

Apa Itu Kontruksi (H1)

Konstruksi - Hi Steel

Konstruksi – Hi Steel

 

Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area. Secara ringkas konstruksi didefinisikan sebagai objek keseluruhan bangunan yang terdiri dari bagian – bagian struktur. Misal, Konstruksi Struktur Bangunan adalah bentuk/bangun secara keseluruhan dari struktur bangunan. Contoh lain : Konstruksi Jalan Raya, Konstruksi Jembatan, Konstruksi Kapal, dan lain – lain.

Konstruksi dapat juga didefinisikan sebagai susunan (model, tata letak) suatu bangunan (jembatan,rumah, dan lain sebagainya). Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataanya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda.

Pada umumnya kegiatan konstruksi diawasi oleh manajer proyek, insinyur desain, atau arsitek proyek. Manajer proyek biasanya bekerja di dalam kantor, sedangkan pengawasan lapangan biasanya diserahkan kepada mandor proyek yang mengawasi buruh bangunan, tukang kayu, dan ahli bangunan lainnya untuk menyelesaikan fisik sebuah konstruksi.

Untuk keberhasilan pelaksanaan proyek konstruksi, perencanaan yang efektif sangatlah penting. Hal ini terkait dengan rancang – bangun (desain dan pelaksanaan) infrastruktur yang mempertimbangkan mengenai dampak pada lingkungan / AMDAL, metode menentukan besarnya biaya yang diperlukan / anggaran, disertai dengan jadwal perencanaan yang baik, keselamatan lingkungan kerja, ketersediaan material  bangunan, logistik, ketidaknyamanan publik terkait dengan yang disebabkan oleh keterlambatan persiapan tender, penawaran, dll.

Jenis Konstruksi

Konstruksi terbagi menjadi 3 jenis, berikut penjelasan tentang jenis – jenis kontruksi :

  • Konstruksi Gedung

    Konstruksi gedung merupakan kontruksi yang mempertimbangkan penataan fasilitas – fasilitas yang tersedia didalam bangunan gedung. Penataan fasilitas ini juga berkaitan dengan kebutuhan dari pengguna bangunan tersebut. Konstruksi gedung ini meliputi antara lain gedung perkantoran, gedung kuliah, serta gedung perbankan.

  • Konstruksi Permukiman

    Konstruksi Permukiman merupakan konstruksi yang mempertimbangkan tata ruang di masa depan. Konstruksi Permukiman ini di mulai dari sejak 20 tahun yang lalu, yang meliputi konstruksi tempat tinggal, serta kompleks permukiman. Konstruksi permukiman ini termasuk kedalam jenis konstruksi teknik.

  • Konstruksi rekayasa berat

    Konstruksi rekayasa berat merupakan konstruksi yang mempertimbangkan keterbengkalaian penggunaan alat – alat berat hasil penyewaan. Jenis konstruksi ini ditandai dengan banyaknya alat berat didalam sebuah bangunan, konstruksi ini memiliki tujuan yaitu untuk mengurangi biaya sewa dari alat – alat tersebut. konstruksi rekayasa berat ini termasuk kedalan jenis konstruksi teknik.

  • Konstruksi industri

    Konstruksi industri merupakan konstruksi yang mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan didalam sebuah bangunan terhadap lingkungan sekitar, dampak yang ditimbulkan seperti pencemaran dan limbah. Tata ruang pada konstruksi ini mengutamakan fasilitas – fasilitas yang mampu mengurangi dampak dari konstruksi di industri. Konstruksi jenis ini biasanya di terapkan pada sebuah pabrik besar maunpun pada pabrik kecil.

Fungsi Konstruksi Pada Sebuah Bangunan 

Konstruksi juga mempunyai fungsi pada sebuah bangunan yang memiliki manfaat penting dalam pembangunan sebuah bangunan. Strukstur dari bangunan juga harus diperhitungkan dengan baik dan benar sehingga bisa mempunyai beberapa fungsi dibawah ini :

  • Bangunan akan menjadi kuat dan kokoh
  • Membuat bentuk dan desain bangunan bisa menjadi lebih tahan terhadap bencana
  • Sebagi Penopang atas keberadaan dari elemen kontruksi lainnya.
  • Konstruksi bangunan juga memiliki fungsi sebagai strukstur bangunan yang akan bekerjasama antar kontruksi sehingga dapat membentuk sebuah kesatuan.

Kesimpulan

Demikian Penjelasan tentang pengertian konstruksi, jenis konstruksi, serta fungsi konstruksi pada sebuah bangunan.Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana, yang berfungi sebagai struktur bangunan yang akan bekerja sama antar kontruksi sehingga dapat membentuk sebuah kesatuan.

Semoga penjelasan kali ini memberikan ilmu baru bagi Anda yang belum tau apa itu konstruksi. Bagi Anda yang membutuhkan bahan untuk sebuah bangunan, Anda tidak perlu bingung karna Hi Steel merupakan distributor Besi Beton dan Baja Ringan yang memiliki beberapa cabang di Jabodetabek, Karawang, Cibubur, Cirebon, dan Surabaya. 

Anda juga tidak perlu bingung untuk membeli perkasas bangunan, karna di Hi Steel menyediakan perkakas bangunan yang tersedia di Tools kami. Cek disini Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Main Menu