Pusat Penjualan Besi dan Baja

Pelat Lembaran Sebagai Bahan Baku Utama Steel Box Girder

Thursday, November 16th 2017.

Pelat Lembaran Sebagai Bahan Baku Utama Steel Box Girder

steel box girder

                                       google

Besi plat atau pelat adalah bahan baku plat yang berupa lembaran, digunakan sebagai bahan baku dalam membuat berbagai macam peralatan dan perlengkapan dalam membuat kebutuhan industri seperti mesin, badan kendaraan, alat transportasi, dan juga banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan kebutuhan peralatan rumah tangga.

Pelat baja biasanya juga banyak digunakan sebagai bahan material pembangunan konstruksi karena plat baja memiliki kekuatan yang sudah tidak diragukan lagi. Biasanya pelat baja ini digunakan sebagai material penyambung struktur profil konstruksi bangunan. Karena sifat baja yang kuat membuat jenis pelat bahan baja ini sulit untuk dibentuk. Dan tentunya harga jual pelat besi baja ini cukup lumayan untuk setiap perlembarnya.

Dari segi bentuk, plat baja memiliki dua jenis, plat lembaran (sheet) dan plat gulungan (coil). Sedangkan dari segi pembuatan juga terbagi dua, yakni plat lembaran/gulungan canai panas (hot rolled) dan plat lembaran/gulungan canai dingin (cold rolled). Pabrikan dan para pengguna jenis baja ini umumnya menyebut produk ini ‘baja hitam’ sebagai pembeda terhadap produk baja lembaran dingin yang juga disebut sebagai ‘baja putih’.

Dipasaran, plat lembaran/gulungan canai panas (hot rolled) biasanya disebut ‘baja hitam’, sedangkan yang canai dingin disebut ‘baja putih’. Untuk plat kapal masih digolongkan ke ‘baja hitam’, namun karena tujuannya adalah sebagai bahan pembuat lambung kapal, maka plat jenis ini memerlukan penanganan produksi yang berbeda. Plat baja lembaran canai panas (hot rolled plate) memiliki ketebalan dan ukuran yang berbeda. Namun, umumnya yang diproduksi secara massal oleh produsen adalah ukuran mulai dari 2 mm sampai dengan 50 mm.

Permukaan plat juga masih dibagi dua kategori, yakni permukaan halus dan permukaan bergelombang. Yang permukaannya bergelombang biasanya disebut plat bordes, yaitu memiliki pola garis tertentu di atas permukaannya. Contoh pemakaian plat bordes misalnya pada tangga atau pijakan di halte busway TransJakarta.

Standar Mutu Hot Rolled Plate:
SNI 07-0601-2006, SNI 07-0722-1989 (standar konstruksi umum).

JIS G 3101 SS400, ASTM SA36 (standar plat kapal).

Bahan Baku dan Proses Produksi
Bahan baku hot rolled plate adalah berupa slab yang sudah mengandung unsur pemrosesan kimia sesuai standar. Slab dimasukan ke dalam reheating furnace untuk proses pembakaran (peleburan). Setelah selesai maka dilanjutkan dengan proses descaling dan dimasukan ke dalam rolling mill. Bahan slab yang sudah hampir menjadi plat lembaran itu, lalu ditipiskan (thickness) dan dilanjutkan dengan proses shearing. Setelah dilakukan proses shearing, plat lembaran canai panas (hot rolled plate) pun selesai dibuat dan siap dipasarkan.

Penggunaan baja lembaran panas meliputi penggunaan-penggunaan sebagai berikut:

  • Konstruksi Umum & Las
  • Pipa & Tabung,
  • Komponen & Rangka Otomotif
  • Jalur Pipa Untuk Minyak & Gas
  • Casing dan Tubing Pipa Sumur Minyak
  • Baja Tahan Korosi Cuaca
  • Rerolling
  • Tabung Gas
  • Konstruksi Kapal
  • Boiler & Pressurized Container.

 

Sumber: Tabloid Steel Indonesia Edisi XL, Hal. 9

Produk terbaru

Rp 431.520
Stok : Indent
Limited
Rp 110.400
Stok : Ready
Rp 203.830
Stok : Ready
Rp 345.882
Stok : Ready
Sale
Rp 42.574 48.475
Stok : Ready
Sale
Rp 85.345 97.175
Stok : Ready
Sale
Rp 228.462 260.130
Stok : 51 Batang
Sale
Rp 88.102 100.315
Stok : Ready

Temukan Kami di

Rekening Bank

PT. HIJRAH INSAN KARIMA
PT. HIJRAH INSAN KARIMA

IDEA

Harga Wilayah Jabotabek