Pusat Penjualan Besi dan Baja

Macam – Macam Bahan Sepatu

Friday, December 29th 2017.

sepatu kulit, jenis jenis material sepatuPada postingan kali ini kami akan membahas mengenai macam – macam bahan sepatu. Material bahan sepatu dari kulit biasanya akan dibagi menjadi 2 yaitu kulit asli dan kulit sintetis.

Berikut ini Kami Informasikan, Macam – Macam Bahan Kulit Sepatu :

1. Bahan Sepatu Kulit Asli

Bahan ini benar – benar dibuat dari kulit asli. Bahan kulit yang paling sering digunakan dan diklaim sebagai bahan kulit terbaik dibuat dari kulit binatang sapi. Material bahan kulit asli ini juga memiliki beberapa jenis yang bisa diklasifikasikan menjadi 4 jenis. Yaitu :

a. Finish Leather

Jenis material ini adalah kulit asli yang diproses dan diolah tanpa melakukan banyak modifikasi terhadap kulit yang bersangkutan. Sehingga dengan demikian, kontur permukaan dari bahan kulit yang dihasilkan benar – benar memiliki kontur permukaan yang sama persis seperti kulit aslinya.

b. Pull Up Leather

Jenis material kulit ini, adalah lanjutan dari finish leather yang diproses kembali dengan mengalami proses streching atau dimelarkan. Dengan mengalami proses streching ini, maka material akan menjadi lebih tipis dan memiliki kontur permukaan yang berbeda dengan finish leather. Tekstur kulit jeruknya otomatis akan melebar. Dan dengan kondisi yang tipis tersebut, maka jenis ini akan lebih mudah untuk dibentuk menjadi model sepatu seperti yang diinginkan.

c. Nubuck Leather

Sekilas material ini memiliki tampilan yang sama seperti material suede. Namun bila diperhatikan lebih detail, material ini memiliki bulu – bulu lebih lembut dibanding dengan material suede. Hal ini karena untuk material ini, yang diproses bukan bagian dalam kulit namun bagian luar kulit sama seperti finish leather dan pull up leather. Namun pada saat pemrosesan, bagian luar kulit dihaluskan dengan permukaan yang kasar sehingga akan menghasilkan bulu – bulu lembut.

d. Patent Leather

Jenis ini biasa disebut dengan material kulit lak. Dari tampilannya, jenis material ini tidak tampak seperti layaknya material bahan sepatu dari kulit asli. Mengapa demikian, karena jenis material ini memiliki tampilan yang mengkilat sama seperti bahan kulit sintetis. Namun sebenarnya, jenis material ini adalah kulit asli yang pada proses finishingnya dilapisi bahan acrylic yang membuat kulit menjadi licin, dan mengkilap. Untuk jenis material ini, biasanya akan lebih tahan terhadap air dan lebih mudah saat dibersihkan. Sepatu yang menggunakan bahan ini kebanyakan adalah model sepatu formal untuk bekerja. Atau juga tidak jarang, banyak sekali jenis sepatu wanita yang menggunakan material bahan ini

2. Bahan Sepatu Kulit Sintetis

a. Material PVC

Bahan PVC adalah kulit sintetis yang pertama kali dibuat oleh manusia untuk menggantikan kulit asli. Pada intinya kulit sintetis yang ada saat ini dibuat dengan dua lapisan utama, yang pertama adalah lapisan dasar dan yang kedua adalah lapisan aditif. Sebagai lapisan dasar, biasanya digunakan bahan dari tekstil contohnya canvas dan cotton. Sementara untuk lapisan aditifnya adalah plasticizier yang merupakan lapisan dengan kontur lebih keras, getas, kaku dan lebih rapuh. Dengan sifat seperti ini, maka laipsan aditif bahan PVC terlihat lebih licin dan mengkilap.

b. Material PU

Tidak jauh berbeda dengan material PVC, material PU ini merupakan pengembangan dari PVC yang lebih dulu ciptakan. Sama – sama memiliki 2 lapisan utama yaitu lapisan dasar dan lapisan aditif. Untuk lapisan dasar, biasanya PU memilih dari bahan tekstil yang lebih berkualitas dan lembut, begitu juga dengan lapisan aditifnya yang lebih lembut dan memiliki kontur seperti kulit jeruk, seperti layaknya kotur kulit asli. Inilah yang membedakan antara material bahan PVC dan material bahan PU. Sehingga tidak jarang, harga PU jauh lebih mahal dari pada material PVC.

c. Bahan Sepatu Canvas

Bahan canvas adalah sebuah bahan dari kain canvas yang dibuat dari benang – benang ukuran besar dan kaku. Bahan canvas lebih sering dibuat untuk sepatu – sepatu model casual karena bahan canvas ini bisa dikustomisasi dengan memberikan warna sesuai dengan kebutuhan. Sepatu ini dianggap sebagai sepatu keren untuk kalangan remaja. Disamping itu juga karena kanvas merupakan bahan yang digunakan untuk membuat lukisan, sehingga akhir – akhir ini banyak sekali sepatu casual yang dibuat dari bahan canvas dikustomisasi dengan memberikan lukisan yangs ering disebut dengan sepatu lukis. Kekurangan dari bahan ini adalah mudah kotor bila terkena noda. Namun bahan tersebut memiliki kelebihan yaitu ringan.

d. Bahan Sepatu Denim

Denim adalah nama lain jeans. Hampir sama seperti bahan canvas, bahan denim juga merupakan bahan yang dibuat dari kain jeans, yaitu kain yang dibuat dari benang dengan ukuran besar. Bahan ini sering digunakan sebagai material bahan sepatu casual. Mengingat denim identik dengan gaya casual.

e. Bahan sepatu Karet

Seperti yang telah diketahui, karet adalah bahan yang lentur, liat, ringan, tahan air dan tentunya memiliki ketahanan yang sangat lama. Karet dibuat dari getah karet yang keberadaanya sudah sangat diakui. Hal ini terbukti dengan banyaknya benda – benda atau produk – produk yang menggunakan bahan dasar karet. Begitu juga dengan sepatu, tidak sedikit sepatu yang dibuat dari bahan karet. Yang paling sering kita temui adalah sepatu boots anti air.

Sumber :
blog.safetyshoes.co.id

Produk terbaru

Sale
Rp 88.718 101.016
Stok : 3 batang
Best Seller
Rp 131.645
Stok : Ready
Rp 76.840
Stok : Ready
Rp 64.676
Stok : Indent
Rp 17.400
Stok : Ready
Rp 45.390
Stok : Ready
Rp 77.892
Stok : READY
Rp 118.575
Stok : Ready

Temukan Kami di

Rekening Bank

PT. HIJRAH INSAN KARIMA
PT. HIJRAH INSAN KARIMA

IDEA

Harga Wilayah Jabotabek