Fungsi Dan Keuntungan Menggunakan Rompi Safety

Rompi safety adalah salah satu Alat Pelindung Diri (APD), yang terbuat dari bahan polyester yang dirancang khusus serta dilengkapi dengan reflector atau pemantul cahaya. Biasanya digunakan oleh para pekerja seperti polisi, pekerja tambang, operator kendaraan, pekerja operasi gudang, pekerja pemeliharaan jalan, pekerja parkir dll. Rompi safety dapat digunakan pada siang atau pun malam hari. Tapi apakah Anda sudah tau apa saja fungsi, jenis dan keuntungan bila kita menggunakan rompi safet dan berapa kisaran harga rompy safety di pasaran? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Pengertian Rompi Safety 

Pengetian Rompi Safety

Source : Getty Image Via Canva.com


Rompi safety, juga dikenal sebagai rompi pelindung atau rompi keamanan, adalah sebuah pakaian khusus yang dirancang dengan tujuan utama melindungi penggunanya dari cedera atau risiko dalam situasi-situasi yang berbahaya atau potensial membahayakan. Rompi keselamatan biasanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap tekanan, gesekan, panas, dan sejenisnya, serta sering dilengkapi dengan elemen tambahan seperti reflektif, pita pengaman, dan pelindung di area-area yang lebih rentan terhadap cedera. Rompi ini umumnya digunakan oleh pekerja di berbagai industri, petugas keamanan, petugas lalu lintas, dan dalam situasi-situasi lain di mana risiko cedera lebih tinggi.

Pemilihan rompi keselamatan yang tepat sangat penting untuk memastikan perlindungan yang efektif terhadap penggunanya. Rompi keselamatan dibuat dengan berbagai gaya, desain, dan fitur-fitur khusus sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan kerja atau aktivitasnya. Rompi ini telah menjadi bagian penting dalam upaya untuk mengurangi risiko cedera dan melindungi keselamatan individu yang bekerja atau beraktivitas dalam lingkungan berpotensi berbahaya.

Fungsi Rompi Safety 

Fungsi Rompi Safety

Source : Fat Camera Via Canva.com


Fungsi utama dari rompi keselamatan adalah melindungi penggunanya dari bahaya yang mungkin timbul dalam lingkungan kerja atau kegiatan tertentu. Ini bisa termasuk perlindungan terhadap benturan, serpihan, panas, bahan kimia, radiasi, dan bahaya lainnya yang terkait dengan pekerjaan atau aktivitas tertentu. Selain itu, rompi keselamatan sering kali dirancang dengan elemen visibilitas tinggi agar penggunanya lebih mudah terlihat oleh orang lain, terutama dalam kondisi cahaya rendah atau malam hari.

Jenis – Jenis Rompi Safety 

Jenis-Jenis Rompi Safety

Source : Tatniz Via Canva.com


Rompi keselamatan tersedia dalam berbagai jenis yang dirancang untuk tujuan dan situasi yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis rompi keselamatan yang umum di pasaran :

Rompi Reflektif atau Rompi Pengaman

Rompi ini dilengkapi dengan materi reflektif yang membuat penggunanya lebih terlihat dalam kondisi cahaya rendah atau gelap, seperti malam hari atau dalam lingkungan dengan pencahayaan terbatas. Biasanya digunakan oleh petugas lalu lintas, pekerja jalan raya, dan petugas keamanan.

Rompi Air Hujan

Rompi ini tahan air dan biasanya digunakan dalam kondisi cuaca buruk atau dalam situasi di mana paparan air adalah risiko. Mereka sering digunakan oleh pekerja yang bekerja di luar ruangan seperti pekerja konstruksi, juru parkir dan petugas pemadam kebakaran.

Rompi Tahan Panas atau Api

Rompi ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas, api, dan suhu tinggi. Mereka umumnya digunakan oleh petugas pemadam kebakaran, pekerja di industri kimia, dan pekerja yang terlibat dalam pekerjaan yang melibatkan suhu tinggi.

Rompi Anti-Tembak

Rompi ini dirancang untuk melindungi pengguna dari peluru atau benda tajam. Mereka sering digunakan oleh personel keamanan, petugas penegak hukum, dan personel militer.

Rompi Anti-Tusukan

Rompi ini mengandung lapisan pelindung yang dirancang untuk mencegah tusukan atau penetrasi benda tajam, seperti pisau atau jarum. Mereka umumnya digunakan oleh petugas keamanan, petugas kesehatan, dan petugas penegak hukum.

Rompi Pelindung Tubuh

Rompi ini dirancang untuk melindungi area-area tertentu pada tubuh, seperti bahu, dada, punggung, atau panggul. Mereka dapat digunakan oleh pekerja konstruksi, atlet, atau dalam situasi-situasi di mana perlindungan tambahan diperlukan.

Rompi Pelampung

Rompi ini mengandung bahan-bahan pengapung dan biasanya digunakan di atas air untuk membantu orang tetap mengapung. Rompi pengapung sering digunakan dalam olahraga air atau dalam situasi darurat di perairan.

Rompi dengan Sistem Pemantauan GPS

Rompi ini dilengkapi dengan teknologi pemantauan yang dapat melacak lokasi dan kondisi pengguna. Biasanya digunakan oleh altet pemain bola.

Rompi High-Visibility

Serupa dengan rompi reflektif, rompi ini dirancang dengan warna cerah yang mudah terlihat di siang hari.

Baca Juga : Arti dan Sejarah Helm Safety

Keuntungan Menggunakan Rompi Safety  

  1. Dapat Terlihat Dalam Kondisi Gelap

Seperti yang telah disebutkan di atas, warna cerah pita reflektif membuat rompi safety dapat terlihat dengan mudah oleh orang lain yang melakukan pekerjaan menggunakan alat berat, kendaraan atau peralatan lainnya. Dengan demikian kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat dikurangi.

  1. Membuat Orang Lain Menjadi Waspada

Pemilihan warna seperti kuning, orange, atau hijau bukan tanpa alasan. Warna – warna ini merupakan warna – warna yang dapat terlihat pada jarak yang jauh. Oleh karena itu pengemudi di jalan atau pekerja lain di lokasi pekerjaan dapat mengidentifikasi pemakai rompi dari kejauhan dan memperlambat kecepatan kendaraan.

  1. Kenyamanan

Meskipun semua orang memahami rompi safety sangat berguna dan efektif. Namun, sering terjadi pekerja menganggap rompi dapat mengganggu kenyamanan. Hal ini merupakan masalah kebiasaan saja. Kenyataan menunjukan, setelah digunakan beberapa waktu lamanya, orang akan merasakan kenyamanan. Bahkan pada sebagian orang, mereka akan merasa tidak nyaman bila tidak menggunakan rompi safety tersebut.

  1. Melindungi Dari Air

Selain kenyamanan, aspek lain yang sangat menguntungkan dari rompi safety adalah tahan air. Walaupun tidak semua rompi safety memiliki fitur ini. Pada beberapa jenis rompi safety dapat melindungi pemakainya dari air hujan atau angin. Sekalipun tubuh berkeringat, namun rompi safety dapat melindungi atau minimal mengurangi efek terpapar angin.

  1. Harga Yang Relatif Murah

Umumnya harga rompi safety relatif terjangkau dan semestinya tidak menjadi alasan bagi perusahaan untuk tidak membeli rompi safety bagi karyawan – karyawannya yang bekerja di lokasi berbahaya. Dibandingkan dengan kerugian yang akan timbul saat terjadi kecelakaan kerja misalnya kerugian finansial, dan sebagainya.

Harga Rompi Safety

Berikut ini adalah harga rompi safety di pasaran yang telah kami rangkum dari marketplace.

[table id=18 /]

Demikian informasi mengenai rompi safety atau rompi keselamatan, pastikan untuk selalu cek harga sebelum melakukan pembelian karena harga rompi safety dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk melihat produk Alat Pelindung Diri (APB) selengkapnya bisa mengunjungi website tools kami di www.hitools.co.id

Tinggalkan Balasan

Main Menu