Floordeck Dan Cara Pemasangannya

Cara Pemasangan Floordeck / Bondek – Banyak orang masih berfikir untuk mengecor lantai atas bangunan dengan cara konvensional. Cara ini banyak dipergunakan karena dianggap paling mudah, cepat, dan efisien. Padahal sebetulnya ada pilihan lain untuk pengecoran dengan cara yang lebih baik. Salah satunya adalah mengecor dengan bantuan pelat lantai cor metal (Floordeck).

Floordek merupakan plat baja galvanis pengganti papan bekisting yang dipergunakan sebagai lapisan paling dasar pada pengecoran dak beton. Plat yang memiliki tebal 0,75 mm ini terbuat dari baja High Tensile G550. Permukaannya berprofil gelombang menyerupai huruf W. Profil ini berfungsi untuk memperkuat daya lekat beton ke plat terhadap gaya geser dan konstruksi dak nantinya. Selain itu juga memperkecil kemungkinan retak pada hasil pengecoran. Penggunaan floordeck juga bisa menghemat kebutuhan besi tulangan pada suatu pekerjaan pembuatan pelat lantai. Artinya jika tempat pemasangannya semakin luas, maka penghematan anggaran pembangunannya pun akan semakin besar. Selain itu, material ini juga telah teruji memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap api serta memenuhi standar keamanan.

Kelebihan floordeck lainnya adalah dapat diaplikasikan pada gedung pencakar langit yang dibangun dari puluhan lantai. Yang tidak kalah penting, pemakaian floordeck bisa mempermudah proses pembuatan dak beton, baik saat persiapannya maupun pengerjaanya. Walaupun secara harga floordeck berbahan baja lebih mahal, namun penghematan RAB saat pelaksanaanya bisa mencapai 25-30 persen.

Cara Pemasangan Floordeck

1. Pedoman Pemasangan

Secara prinsip, floordeck bisa dipasang di atas tumpuan portal konstruksi baja, atau batu bata. Panjang floordeck yang digunakan sekurang – kurangnya harus sanggup menutupi dua bagian bangunan dan memiliki jarak bentang yang efisien. Sambungan yang terletak di antara dua panjang panel floordeck juga diusahakan seminimal mungkin. Meskipun panel deck ini bisa menjadi bekisting yang aman ketika kondisi beton masih basah, tetapi sebaiknya gunakan papan untuk lintasan pekerja dan sebisa mungkin hindarilah pemutusan beban.

2. Pemasangan Pada Konstruksi Baja

Pemasangan floordeck di atas tumpuan baja bisa dimulai setelah pekerjaan kontruksi portal baja selesai diukur dengan lot dan waterpass. Pemasangannya dilakukan dengan membentangkan material ini secara menerus, lalu diikat menggunakan las listrik atau paku tembak. Selanjutnya jarak pemikul akhir ditentukan berdasarkan gaya geser, dimana biasanya kurang lebih 5 cm.

3. Pengikatan Dengan Las

Langkah berikutnya adalah mengelas bagian ujung dek dari atas ke bawah memakai las cantum yang berdiameter 10 mm pada bagian rata sisi – sisi rusuk panel. Pada tumpuan tengah setiap panel dek juga perlu di las di bagian rata sisi rusuk menggunakan kawat las baja colulose AC/CD yang berukuran 3,25 mm.

4. Penyempurnaan Pemasangan Dek

Tutup lubang rusuk dek pada sisi bidang lantai cor memakai pita perekat. Selanjutnya lakukan penyempurnaan sambungan tumpuan sisi rusuk panel dek yang berjarak sekitar 100 cm dengan cara dilas cantum, di revet dia 5 mm, atau dipasangi sekrup. Bila saat estimasi dibutuhkan adanya bahan bangunan yang berfungsi menahan geser, maka material tersebut perlu dilas atau ditanam pada balok tumpuan yang berada diantara bagian rusuk dek. usahakan jarak dari ujung penahan geser ke permukaan beton tidak kurang dari selimut beton yakni berkisar 25 mm. Perhitungan jarak penempatan dihitung menurut diagram gaya lintang balok tulangan sudut supaya bisa diperoleh pembebanan yang merata.

5. Persiapan Pengecoran

Untuk melakukan persiapan pengecoran, diperlukan tiang penyangga sementara yang berguna untuk mencegah terjadinya lendutan pada waktu cor beton masih dalam kondisi basah. Setelah umur beton mencapai sekitar 7-14 hari, tiang penyangga sementara tersebut bisa dilepaskan.

 

Sumber : rangkuman berbagai sumber

 

Tinggalkan Balasan

Main Menu